Your Adsense Link 728 X 15

Keuntungan, Kerugian dan Perkembangan Teknologi Cloud Computing

Posted by Unknown Minggu, 25 November 2012 1 komentar

A.Pengertian Cloud Computing

Cloud Computing terdiri dari 2 kata dalam bahasa inggris yaitu Cloud dan Computing. Cloud (Awan) adalah metefora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan computer. Computing yang biasa di artikan teknologi komputer. Sehingga arti dari terjemahan bahasa Inggris: cloud computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan').

Cloud computing adalah teknologi yang menggunakan internet dan server pusat yang jauh untuk menjaga/mengelola data dan aplikasi. Cloud computing membantu konsumen dan pebisnis untuk menggunakan aplikasi tanpa melakukan instalasi, mengakses file pribadi mereka di komputer manapun dengan akses internet. Teknologi ini memungkinkan efisiensi lebih dengan memusatkan penyimpanan, memory, pemrosesan, dan bandwith.
Gambaran dari Teknologi Cloud Computing

Dari gambar diatas dapat dijelaskan bahwa Teknologi Cloud Computing terdiri dari beberapa aplikasi, platform dan infrastruktur. Aplikasi dalam teknologi ini bisa saling berkomunikasi, melakukan pemantuan, kolaborasi dari beberapa konten, misalnya dicontohkan aplikasi keuangan. Platform ini memiliki media penyimpanan obyek, memiliki basis data, melakukan system antrian mengenal identitas pengguna dan sebagainya. Sedangkan Infrastruktur bisa melalui jaringan, teknologi computer dan melakukan penyimpanan blok. Cloud Computing ini bisa diakses dari beberapa perangkat yang memiliki koneksi internet seperti laptop, posel, tablet PC, dan personal computer (PC desktop).

B. Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Kelebihan Cloud Computing
Dilihat dari pengertian dan gambaran cloud computing,  teknologi ini adalah teknologi maju. Karena memiliki beberapa kelebihan yaitu:
  1. Menghemat biaya investasi awal untuk pembelian sumber daya.
  2. Bisa menghemat waktu sehingga perusahaan bisa langsung fokus ke profit dan berkembang dengan cepat.
  3. Membuat operasional dan manajemen lebih mudah karena sistem pribadi/perusahaan yang tersambung dalam satu cloud dapat dimonitor dan diatur dengan mudah.
  4. Menjadikan kolaborasi yang terpercaya dan lebih ramping.
  5. Menghemat biaya operasional pada saat realibilitas ingin ditingkatkan dan kritikal sistem informasi yang dibangun.
Kekurangan Cloud Computing
Sebaik apapun suatu teknologi pasti juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan yang ditimbulkan dari teknologi ini seperti:
  1. komputer akan menjadi lambat atau tidak bisa dipakai sama sekali jika internet bermasalah atau kelebihan beban. 
  2. perusahaan yang menyewa layanan dari cloud computing tidak punya akses langsung ke sumber daya. Jadi, semua tergantung dari kondisi vendor/penyedia layanan cloud computing. 
  3. Jika server vendor rusak atau punya layanan backup yang buruk, maka perusahaan akan mengalami kerugian besar.

C.Perkembangan Teknologi Cloud Computing

Cloud computing pada awalnya merupakan perkembangan dari grid computing. Pada saat itu “Intergalactic computer network”oleh J.C.R. Licklider, yang bertanggung jawab atas pembangunan ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) di tahun 1969. Beliau memiliki sebuah cita-cita di mana setiap manusia di dunia ini dapat terhubung dan bisa mengakses program dan data dari situs manapun, di manapun.

Menurut Margaret Lewis, Direktur Marketing Produk AMD. “Cita-cita itu terdengar mirip dengan apa yang kini kita disebut dengan cloud computing”. Para pakar komputasi lainnya juga memberikan penambahan terhadap konsep ini, di antaranya John McCarthy yang menawarkan ide mengenai jaringan komputasi yang akan menjadi infrastruktur publik, sama seperti the service bureaus yang sudah ada sejak tahun enam puluhan. Setelah berkembangnya pesatnya internet yang tentunya akan mendorong perkembangan cloud computing. Cloud computing mengalami loncatan yang cukup drastis adalah dengan adanya Salesforce.com di tahun 1999, yang merupakan pencetus pertama aplikasi perusahaan dijalankan melalui Internet.

Perkembangan cloud computing di indonesia masih kalah dibandingkan dengan di Negara-negara maju. Di Negara maju cloud computing telah menjadi hal yang penting terutama dalam bidang bisnis. Sedangkan di Indonesia hal tersebut masih baru dan para pengusaha masih ragu dengan sistem dan pelayanan yang ditawarkan oleh pengembang. Apalagi dalam kondisi ekonomi yang selalu berubah, setiap organisasi akan berpikir panjang untuk mengeluarkan investasi tambahan di sisi TI. Terlebih hanya untuk mendapatkan layanan-layanan yang mungkin hanya dibutuhkan sewaktu-waktu saja. Sehingga untuk melihat perkembangan cloud computing di Indonesia yang benar-benar teruji masih harus harus menunggu beberapa tahun kedepan. Perlu sebuah vendor atau penyedia layanan yang terpercaya publik agar para pebisnis percaya dengan layanan dan jaminan dari teknologi cloud computing.

Salah satu perusahaan yang fokus pada pelayanan Cloud Computing adalah Huawei. Menurut CEO Huawei Indonesia, Vincent Li, seiring dengan tren Cloud Computing yang kian berdampak terhadap perusahaan dan keseharian, perlu adanya pertimbangan, penerapan dan pengoptimalan penggunaan Cloud dan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi. "Kami mempertegas komitmen dalam mengembangkan solusi untuk memajukan usaha dan kualitas penggunaan Cloud Computing dengan dukungan 3 pusat pelatihan, 15 perusahaan, 35 pusat sparepart, 9 pusat logistik serta pelayanan yang berfokus pada aplikasi dan software," kata Vincent Li, 26 September 2012.

Selain itu, pertumbuhan internet yang tinggi di Indonesia menjadi suatu kebutuhan bagi perusahaan-perusahaan untuk menggunakan pelayanan Cloud Computing. "Ini kesempatan emas Huawei membangun sistem Cloud Computing di Indonesia, dengan pelayanan yang berfokus pada aplikasi dan software," kata Paul Michael Scanlan, Vice President Solution, Sales and Marketing.

REFERENSI

http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi
http://tanyakenapa.staff.ub.ac.id/2012/04/apakah-kelebihan-dan-kekurangan-cloud-computing.html




Artikel Terkait:

1 komentar:

botol thinner cody mengatakan...

informasi yang sangat menarik untuk menambah wawasan soal perkembangan teknologi saat ini, terimakasih...
botol thinner cody

Posting Komentar

Toko Online Keren

Gubernur pilihan

blog bisnis