Your Adsense Link 728 X 15

Melepas Penat Menikmati Pasir Putih Pantai Gunung Kidul

Posted by Unknown Minggu, 25 November 2012 1 komentar
Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.  Ibukotanya adalah Wonosari. Kabupaten ini berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah di utara dan timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman di barat.

Gunung Kidul kaya akan wisata alam. Mulai dari Pantai, Bukit, Gunung Purba dan juga Goa baik Horizontal ataupun Vertikal. Kekayaan alam ini selalu terjaga dengan Masyarakatnya yang ramah dan mencintai keindahan. Maka tak heran jika setiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah Pengunjung yang berwisata di daerah Gunung Kidul, baik turis lokal maupun mancanegara.Daerah yang dulunya dianggap gersang kini telah berubah menjadi Surganya para pecinta alam yang menyukai tantangan alam bawah tanah (GOA). Mulai dari sungai bawah tanah sampai Ornamen-ornamen goa yang masih terjaga keindahannya.


peta dan rute wisata pantai-pantai di Gunung Kidul (klik gambar untuk memperbesar)


Keindahan pantai-pantai di Gunung Kidul juga tidak ketinggalan mulai dari pantai Ngobaran, Nguyahan,  Ngrenehan, Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Ngandong, Pantai Sundak, Pantai Siung, Pantai Wediombo dan paling timur Pantai Sadeng.

Kayaknya tidak asyik kalo tidak ke pantainya langsung. Ada kesempatan liburan kuliah kami gunakan untuk sekedar melepas penat dan padatnya kota jogja. Hari Jumat, 23 November 2012, Kami berangkat berlima dengan teman satu kampus di IST AKPRIND program Alih Jalur jurusan Teknik Informatika.

Kami berangkat sekitar setengah 9-an, tak sampai 2 jam kami telah tiba di kawasan pantai Gunung Kidul. Karena akses jalan menuju Pantai-pantai Gunung Kidul tidaklah sulit untuk dijangkau. Bisa dibilang, infrastruktur masuk ke wilayah ini sangat baik. Bahkan, jalannya yang sangat mulus membuat kami sulit mencari lubang di jalan. Jadi, jangan takut untuk akses jalan menuju pantai diwilayah Gunung Kidul, Yogyakarta ini. Jalan yang naik turun dan berkelok memberikan kesan tersendiri untuk anda yang belum pernah berwisata ke Gunung Kidul.

Hanya dengan membayar Retribusi Rp 4000/orang (termasuk asuransi kecelakaan) kami sudah bisa menikmati keindahan pantai Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Ngandong, Pantai Sundak sesuai yang tertera di Tiket. Karena waktu yang terbatas kami hanya bisa menikmati Pantai Baron dan Indrayanti saja.


Di atas bukit pantai Baron


Di atas bukit pantai Baron

Pantai Baron merupakan pintu gerbang masuk kawasan obyek wisata pantai. Pantai ini dikelilingi bukit-bukit kapur yang diatasnya terdapat jalan setapak dimana wisatawan dapat menikmati keindahan laut yang luas dan khas. Di sebelah barat, terdapat muara air sungai bawah tanah (air tawar) sehingga ada suatu tempat pertemuan antara air laut dan air tawar. 



Pantai Baron


Ciri khas pantai Baron adalah banyaknya aneka ikan laut segar maupun siap saji. Fasilitas yang telah tersedia antara lain: Hotel kelas melati, Warung makan, kios-kios cinderamata, panggung terbuka, Masjid serta gedung pertemuan. Puas dengan Pantai Baron yang sudah kami kelilingi sekitar 3 jam. Sehabis sholat jumat dan makan ikan laut. 

Kami bergerak ke timur yaitu pantai Indrayanti. Pantai Indrayanti saat ini menjadi salah satu pantai terkenal di Gunung Kidul. Pantai ini menarik karena mempunyai garis pantai dengan paris putih yang menawan. Sejauh mata memandang pasir putih dan bersih menghampar. Boleh dibilang diantara deretan pantai lain di Gunung Kidul, Indrayanti adalah salah satu yang terindah. Hanya butuh waktu sekitar 10 menit dengan Motor dari pantai Baron.

Cafe Indrayanti


Pantai Indrayanti






Artikel Terkait:

1 komentar:

blower hp mengatakan...

thanks artikelnya....
blower hp

Posting Komentar

Toko Online Keren

Gubernur pilihan

blog bisnis