Your Adsense Link 728 X 15

7 Tips skripsi Lancar dan Cepat Selesai

Posted by Unknown Sabtu, 10 Mei 2014 2 komentar

Tips skripsi Lancar dan Cepat Selesai. 

Apa yang menjadi momok bagi seorang mahasiswa. Apalagi bagi mahasiswa yang ada di tingkat akhir. Dan lebihnya sebentar lagi tahun ajaran baru sudah di depan mata. Inginnya cepat selesai [lulus] kuliah—dan langsung mengantongi gelar sarjana lalu dapat gawean. Tapi apa daya tangan tak sampai eh, salah tugas akhir alias skripsi ada di hadapan kamu. Mau tidak mau harus segera ditunaikan jika ingin lulus secepat mungkin.

Namun sayangnya menyusun skripsi tak semudah menyusun pakaian di lemari pakaian. Kita susun rapi lalu selesai deh. Tapi tidak halnya dengan menyusun skripsi bisa-bisa tujuh keliling bila kita sedang menghadapi atau sedang dikejar deadline. Tapi bagaimana ya agar menyusun skripsi itu bisa berjalan mulus kayak bus trasnjakarta melaju…hehe. Eits, ada lho tips dan triknya dan inilah salah satu cara yang nggak pake bikin bete atau narik urat bagi kamu yang sedang menyusun skripsi.

1. Cari Waktu yang Tepat

Ini yang harus kamu lakukan lebih dahulu sebelum yang lain kamu prioritaskan. Karena mencari waktu yang tepat dan peluang belum tentu mudah atau gampang. Apalagi jika kamu tergolong mahasiswa yang super sibuk. Atau, banyak sekali kegiatan di luar selain kuliah. Entah, itu bisa sibuk bekerja atau sedang meminta cuti. Inilah yang perlu kamu pertimbangkan ketika ingin memutuskan untuk menyusun skripsi kamu. Jika kamu sudah tahu cela waktu yang tepat menyusun skripsi, yakin pasti akan mudah dikerjakan.

2. Buat Target!

Yaiyalah! Harus itu! Kamu harus menetukan kapan kamu bisa menyelesaikan skripsi kamu. Kapan kamu akan menyusunnya? Aelesainya kapan? Itu yang kamu harus lakukan lagi. Biasakan membuat jadwal tertulis untuk merencanakan menyusun skripsi kamu. Tentunya juga kamu harus tahu dan mencatat sudah sampai di mana progress skripsi kamu itu. Agar semua pembuatan skripsi kamu memiliki deadline yang harus di tepati. Itu lebih baik ketimbang harus santai. Memangnya redaktur saja yang dikejar deadline? Mahasiswa tingkat akhir juga lho. Deadline skripsi…hehe.

3. Pilih Dosen Pembimbing yang Tepat

Idealnya sih dosen favorit yang sudah kamu ajak ngobrol soal skripsi terlebih dahulu. Bisa jadi dosen pembimbing. Dikarenakan sedikit banyak sudah mempunyai gambaran tentang tema skripsi yyang kamu susun,. Siapa pun yang menjadi dosen pembimbing kamu harus bersikap benar-benar menghormati dan hargai. Sebab keberadaannya akan membantu kamu ketika menyusun skripsi. Menjaga hubungan baik dengan dosen pembimbing kamu sangatlah penting. Sebisa mungkin hindari konfliknya dengannya.

4. Cari Narasumber yang Uptodate

Ini yang sering kali dialami saat menyusun skripsi ketika tema dan topik sudah didapati tapi tidak menyadari dan memperhatikan bahwa mencari narasumber adalah hal yang vital untuk menyusun skripsi pula. Ini perlu ekstra hati-hati lebih diperhatikan. Kita sudah sampai ditengah-tengah jalan penulisan skripsi tiba-tiba ternyata narasumber tidak berkenan memberi data dan tidak bisa diwawancarai. Hal ini jangan sampai terjadi. Bisa-bisa akan memakan waktu sesuai target. Molor.

5. Pintar-pintar Cari Tema Skripsi

Ini yang sering kali dialami mahasiswa ketika menyusun skripsi. Karena niatnya biar cepat selesai tidak melihat bahwa tema yang dipilihnya basi atau sudah garing. Dan tau-taunya harus mengulang bahkan merevisi ulang kembali. Mencari tema yang baru.

Tapi kalau bisa cari tema yang mudah kamu mengerti dan mudah kamu kerjakan serta mudah dapat cari bahan referensinya—dengan resiko harus relevan dengan jurusan kamu. Karena jika mencari tema yang mudah dan kamu mengerti akan gampang membuatnya tidak melulu bikin kepala kamu tujuh keliling. Adalah banyak sekali mahasiwa yang sering menglami kesalahan disini. Kesalahan utama adalah terlalu muluk memilih tema atau topik. Karena ingin skripsi beda dari pada yang lain ternyata malah ngalor ngidul. Tidak fokus pada tema yang dipilihnya. Untuk itulah pintar-pintar memilih atau mencari topik atau tema untuk skripsi.

6. Berbagi Pengalaman

Berbagai pengalamanlah kamu kepada orang yang ’senasib’ bisa jadi salah satu jalan keluar kalau kamu sedang kehabisan ide untuk skripsi. Jangan pernah bosan untuk bertukar pikiran terutama terhadap teman seperjuangan sesama teman yang sedang menyusun skripsi. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan sedikit bahan untuk topik skripsi kami atau kamu mendapatkan inspirasi menulis. Dan tidak lupa juga berbagilah kepada senior kamu yang sedah lebih dahulu menyusn skripsi. Siapa tahu dengan kamu sering berbagi sesama senior kamu bisa menjalin silaturahim dan kamu dikenal. iyakan?

7. Kerjakan, Kerjakan Dan Kerjakan [3K]

Jika semua data-data untuk menyusun skripsi kamu sudah lengkap semua dapatkan sekarang saatnya semuanya ada di tangan kamu. Disiplinkan diri, jangan pernah berhenti, karena jika kamu sekali berhenti akan sangat sulit akan memulai kembali. Sementara waktu tak pernah menunggu. Sekaranglah lakukanlah skripsi kamu dengan sesempuna mungkin. Just do it!

Nah, mudahkan menyusun skripsi jika kamu mau mengerjakannya dengan senang dan ikhlas serta tidak diburu-buru deadline skripsi. Dan tanpa sadar kamu nanti akan membiasakan diri kamu menjadi orang yang tepat waktu dan sesuai target dengan apa yang kamu lakukan selama ini. Selamat mengerjakan. Sukses selalu![]

*Zubeir el-Awwabi. Penikmat sastra dan pemerhati pendidikan. Tulisannya sudah dipublikasi diberbagai koran dan majalah nasional dan lokal. Seperti di Majalah Annida dan Annida Online, Majalah Tarbawi, Majalah Sabili, Majalah Al-Mujtama, Majalah Anak Aku Anak Saleh, Majalah Anak Adzkia, Majalah Cahaya Nabawiy, Majalah HIKAYAH (almarhum), Koran Lampung Post (Cernak), Koran Seputar Indonesia (Sindo) artikel lepas serta tulisan berbentuk Citizen Jurnalism beberapa kali dipublish di Republika Minggu.
sumber :
http://edukasi.kompasiana.com/2012/09/05/agar-skripsi-berjalan-mulus-dan-cepat-lulus-484391.html



Artikel Terkait:

2 komentar:

mesin pencuci pcb mengatakan...

artikel yang sangat bermanfaat apalagi untuk mahawiswa seperti saya hehe...
mesin pencuci pcb

mawar jingga mengatakan...

Artikel yang dibagikan bagus dan bermanfaat, kunjungi website ini untuk menambah wawasan http://news.unair.ac.id/2021/04/21/hut-perpustakaan-unair-dosen-feb-beri-tips-selesaikan-skripsi/

Posting Komentar

Toko Online Keren

Gubernur pilihan

blog bisnis