Your Adsense Link 728 X 15

Pentingnya sarapan atau makan pagi

Posted by Unknown Sabtu, 16 Oktober 2010 0 komentar
Pentingnya sarapan. Dalam beraktifitas kita selalu mengeluarkan kalori. Sumber kalori atau tenaga ini dari makanan yang kita makan. Mungkin banyak orang menyadari kita setiap harinya dituntut untuk beraktifitas, guna memenuhi kebutuhan seperti bekerja taupun belajar. Bahkan terkadang kita beraktifitas sampai tengah malam.

Seperti halnya mobil memerlukan bahan bakar untuk dapat bergerak dan berjalan. Kita manusia juga memerlukan bahan bakar untuk memulai aktivitas. Sarapan adalah hal yang harus dilakukan mengingat kadar gula tubuh kita sangat rendah di pagi hari.

Sarapan mungkin terdengar sepele bagi sebagian orang. Karena ini biasanya tergantung dari kebiasaan seseorang. Ada yang sarapan malah perutnya sakit dan tidak nyaman. Ada juga jika tidak sarapan akan membuat tubuh lemas dan loyo.
Porsi atau asupan gizi sewaktu sarapan juga setidaknya diperhatikan untuk menunjang kebutuhan tubuh selama siang hari. Sarapan yang benar harus mengandung zat tenaga, protein atau zat pembangun, vitamin dan mineral sebagai zat pengatur yang banyak kita peroleh dari sayur dan buah-buahan. Idealnya sarapan pagi harus dapat memenuhi 1/3 bagian dari konsumsi makanan per orang setiap harinya.

Pentingnya sarapan bagi kita antara lain:
  1.  Sarapan sebagai supply energi untuk memulai aktivitas yang melibatkan otak dan tenagaSarapan mampu memberi otak bahan bakar, sehingga meningkatkan kemampuan otak dalam pemecahan masalah dan ingatan serta konsentrasi.
  2.  Bagi anak-anak sekolah, atau mahasiswa dengan sarapan pagi akan membuat lebih konsentrasi belajar, serta memiliki daya serap yang baik, kemampuan berpikir dan beraktivitas.  
  3. Sarapan tidak membuat tubuh lelah dalam beraktifitas, karena tubuh mempunyai kalori yang cukup.
  4. Mampu mencegah sakit maag, karena dengan sarapan lambung akan terisi makanan yang akan menetralisir asam lambung. Jika lambung kosong terlalu lama maka asam lambung akan mengiritasi lambung yang dapat mengakibatkan rasa perih di perut. Akibatnya aktivitas jadi terganggu. 
  5. Sarapan mengontrol emosi. Sebagian orang akan emosi atau kurang kontrol jika lapar.
Demi untuk menjaga tubuh kita tetap sehat alangkah baiknya kita sarapan dibagi hari, guna memenuhi kebutuhan kalori yang seimbang. Walaupun aktifitas kita bukan aktivitas fisik. Mari kita sayangi tubuh kita yang masih muda ini dan selalu dibawa bekerja dan belajar sepanjang hari.

Bagaimana dengan anda? Silahkan jika masih ada yang kurang dan perlu ditambahkan tulis saja di kolom komentar. Terimakasih. 
Joko Muryanto

 


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Toko Online Keren

Gubernur pilihan

blog bisnis